Travelxpose Magazine July 2012

Mahadaya St. Petersburg-Rusia

Nyaris tak ada yang kurang dari metropolitan paling utara di bumi ini. Ia memenuhi segala kriteria sebuah tujuan pelancongan. Disini fenomena alam berbalut misteri sejarah, disini romantika ratusan jembatan dan kanal bersanding ribuan arsitektur megah. Atmosfer kehidupannya pun penuh warna, toleran, juga bohemian. Tak ayal jika bekas ibukota Rusia ini mampu memasung hati setiap pengunjungnya.

Empat abad lalu tak terpikirkan oleh orang-orang Rusia bahwa ide Kaisar Peter the Great untuk mendirikan sebuah kota di  Teluk Finlandia adalah pikiran jenius. Banyak yang menganggap ini hanyalah lelucon seorang penguasa. Pasalnya, daerah yang hendak dibangun sang Tsar -istilah Rusia untuk Kaisar- semata rawa berlumpur, delta Sungai Neva. Bagaimana sebuah kota berdiri di atas rawa sedangkan tanah utara Rusia sendiri sudah cukup sengsara oleh musim dingin yang beringas?

Tapi Peter the Great tak keliru. Rawa itu pun sukses diubahnya menjadi kota elok. Sebuah puing benteng Swedia dijadikannya sebagai fondasi pertama. Penataan kota baru ini rupanya berkiblat ke Eropa Barat seturut niat sang Tsar untuk menjadikannya sebagai “Russia’s Window to the West”, didandani arsitektur bergaya Barok serta Neo Classic, bertolak belakang dengan ibu kota Moscow yang kental nuansa Konstantinopel. Lahirlah satu kota baru paling utara di bumi kembaran Venesia, bahkan lebih cantik dari Venesia, lalu dibabtis dengan nama St. Petersburg. Pastikan Anda mengalokasikan cukup waktu untuk bertandang ke kota ini. Jumlah obyek-obyek wisata spektakuler amat banyak. Tak heran UNESCO memasukkannya dalam daftar World Heritage Site sejak 1990.

(Cuplikan artikel saya ini dimuat di Majalah Traveling TRAVELXPOSE edisi bulan Juli 2012 sebanyak 9 halaman. Valentino Luis)


 
Lebih lanjut, silahkan cek ke:

Comments

Popular posts from this blog

Travelxpose Magazine - Februari 2014

National Geographic Indonesia (NatGeo) Traveler - Desember 2012

National Geographic Indonesia (NatGeo) Traveler- Juli 2012