Travelxpose Magazine August 2012

Bukan Sekadar Negeri Laskar Pelangi 


Lama terbungkus dalam sepih, pulau di lepas pantai timur Sumatra ini belakangan jadi pri­madona baru wisata Tanah Air, merayu siapa pun lewat kemolekan pantai serta nusa-nusa kecil berhias batu granit juga sikap ramah penduduknya.

Seperti cahaya mercusuar yang menembus kisih kapal, begitulah Belitung kini bersinar. Di sini pula kisah haru biru para pasukan Laskar Pelangi terbingkai. Siapkah Anda terbuai pesonanya?
Sepuluh bocah berlari riang di sela batu-batu raksasa. Berkejar-kejaran hingga salah satunya yang bernama Ikal terpana pada bianglala yang melengkung di langit. Laut biru cemerlang, elok ditimpali oleh pasir putih bersih serta gelondongan bebatuan besar. Satu nada ket­akjuban segera meluncur spontan dari bibirnya: “Wow!”

Itulah adegan film Laskar Pelangi yang terekam baik oleh para penon­ton. Sebagai seorang pejalan yang tergila-gila pada keindahan alam, sepotong gambar panorama dalam film garapan sutradara Riri Riza tersebut langsung meresap dan melahirkan godaan untuk pergi ke sana, ke Belitung.

Saya tak sungguh-sungguh percaya bahwa Belitung ternyata memi­liki pantai seindah itu. Pasalnya, beberapa tahun silam saya sempat dibuat terpesona oleh taburan batu-batu granit di wilayah Côte de Granit Rose, pesisir utara Bretagne, Prancis nun jauh di Eropa sana. Dan begitu naifnya saya saat itu men­duga bahwa Indonesia tak memiliki pantai serupa.

(Cuplikan artikel saya ini dimuat di Majalah Traveling TRAVELXPOSE edisi bulan Agustus 2012 sebanyak 11 halaman. Valentino Luis)

Lebih lanjut, silahkan cek ke:
My Edisi atau Travelxpose Magazine

Comments

Popular posts from this blog

Travelxpose Magazine - Februari 2014

National Geographic Indonesia (NatGeo) Traveler - Desember 2012

National Geographic Indonesia (NatGeo) Traveler- Juli 2012